Polres Garut Peduli Penghijauan

Banyaknya peristiwa bencana alam seperti tanah longsor dan banjir pada musim penghujan ini, adalah salah satu sinyal dan pertanda dari akibat tidak langsung perilaku kehidupan manusia kepada alam, sebuah perilaku masa lalu yang berimbas pada kehidupan sekarang.

Permasalahan tentu tetap ada, seperti banjir yang terjadi pada masa musim penghujan, tentunya kita harus bijak tidak lantas secepat itu mencari kambing hitam dari kesalahan masa lalu yang di perbuat oleh oknum segelintir masyarakat, menikmati hasil dari perbuatan yang mengakibatkan musibah banjir ataupun tanah longsor.

Peristiwa ini pun menjadi ada,  tentunya karena ada sebab, seperti hal nya asap yang timbul bisa jadi berasal dari percikan api, banjir berasal dari kemampuan tanah yang tidak bisa menampung atau menyerap air, seperti kita hal saat kita melihat tanah yang disiram air tanpa ada tanaman akan berbeda hasil akhirnya dengan tanah yang di siram air dengan kondisi banyak tanaman, tentu akan lebih banyak tergerus ari tanah tanpa tanaman.

Melihat dari hal sekecil inilah, menjadikan kita merenung dan berfikir sejenak, bahwa kejadian banjir bisa jadi karena daya tahan serapan tanah tanpa tumbuhan di atasnya akan berakibat fatal.

Polres Garut sepakat dan mendukung program Polri Peduli Penghijauan, dengan menanam berbagai jenis bibit pohon di lahan kritis di sekitar mako Polsek ataupun Mako Polres sebagai salah satu solusi meringankan timbulnya potensi bencana alam banjir.

Kegiatan Penanaman pohoh secara serentak oleh POLRI di lakukan pada hari Jumat tanggal 10 Januari 2020 Pukul 08.00 wib s/d 10.00 Wib, Polres Garut sendiri melakukan hal yang sama dengan berkegiatan  menanam bibi pohon dengan bertempat di Jalan Raya Kamojang Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Dengan tema “Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia”, gerakan menanam pohon kerja sama Polres Garut dan Perhutani KPH Garut serta Forkopimda Kabupaten Garut pun berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, Dandenpom III/2 Garut Letkol. CPM Yulius Amra , Dandim 0611 Garut Letkol Inf. Erwin Agung T.W.A, Mtr, (Han), WakaPolres Garut Kompol Abdul Kholik S.I.K., Kasdim 0611 Garut Mayor Inf. Hamzah,Ka Lapas, Pimpinan Pertamina PGE Area Kamojang, Kepala BPBD, KabagOps Polres Garut Kompol Apri Rahman, SE, PJU Polres Garut, PJU Kodim 0611 Garut, Ka Kesbangpol Kab. Garut, Kasatpol PP Kab. Garut, Kabid Dinas Pertanian, Adm. KPH Perhutani Kab. Garut Sdr. Asep Setiawa S.Hut, GM Indonesia Power Sdr. Budi Wibowo , Pimpinan PT. Star Energy Geotermal, Kapolsek Samarang, Para Danramil 0611 Garut, Camat Samarang, MUI Kec. Samarang, Kades Kec. Samarany,Pers Gabungan Polres Garut, Pers Kodim 0611 Garut, Subden 4 Pelopor SatBrimobda Polda Jabar, ASN Polres Garut, Bhayangkari Polres Garut, Dinas Kehutanan, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, LMDH Sawargi Samarang, Ormas Pemuda Pancasila Samarang, GMBI Samarang, Sundawani Samarang, OKP XTC Samarang, Ponpoes Jawiyah Samarang, Ponpes Daruk Tholibin Samarang,, Pramuka Kwarcab Samarang, Hisgar Garut, Para siswa SMA 17 Garut, SMK Al-madani, SMK Qurrota Ayyun, SMK Tunas Nusantara, SMK Al- Istiqomah Samarsng seluruhnya peserta sekitar 1.200 orang, dapat hadir serta berpartisipasi dalam kegiatan gerakan penanaman pohon

Di atas lahan seluas 3 ( tiga ) Ha (30.000 m2), di tanam sebanyak 3.000 ( tiga ribu ) bibit pohon dari berbagai jenis pohon keras diantaranya : bibit pohon eucalyptus sebanyak : 1.500 dan bibit pohon Pinus Sebanyak : 1.500

Adm. KPH Perhutani Kab. Garut Sdr. Asep Setiawa S.Hut dalam sambutannya mengapresiasikan, kepada Polri yang telah mengadakan kegiatan gerakan peduli penghijauan berupa penanaman pohon, walaupun sesungguhnya tugas dalam hal pelestarian lingkungan termasuk penghijauan adalah tanggung jawab Perhutani, namun Polri bisa melakukannya  semoga kegiatan ini perdampak positif baik dalam pelestarian lingkungan maupun pencegahan bencana.

Danmdim 0611 Garut Letkol Inf. Erwin Agung T.W.A, Mtr, (Han) dalam amanatnya juga mengucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam agenda kegiatan penanaman pohon yang merupakan program pemerintah dalam gerakan penghijauan, dimana kegiatan penghijauan ini merupakan program kegiatan teritorial untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Garut, kegiatan ini juga merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah dari erosi agar tidak terjadi longsor.

Waka Kapolres Garut Kompol Abdul Kholik,S.I.K, membacakan amanat Kapolres Garut Kompol Abdul Kholik S.I.K, antara lain mengharapkan bahwa kita tidak hanya menanam tetapi harus menjaga, merawat dan memelihara penanaman pohon, dimana program ini membantu pemerintah dalam hal efek pemanasan global dan penanggulan bencana,  kegiatan polri peduli penghijuan telah di laksanakan dari Bulan Desember di lingkungan Mako polres, Polsek dan Asrama Polres serta di lingkungan di luar Mako Polri Polres Garut.

Setelah acara penyerahan secara simbolis bibit pohon, kemudian dilanjutkan dengan Giat Penanaman Pohon dalam rangka hari sejuta pohon sedunia, dan pada pukul 10.00 wib Kegiatan POLRI PEDULI PENGHIJAUAN dengan tema “Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia” telah selesai dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *