Kabag Ops Polres Garut Menghadiri Sosialisasi Manfaat dan Bahaya Listrik.

Garut, pada hari Sabtu tanggal 19 Maret 2022, sekitar pukul 09.00 Wib dengan  bertempt di lapangan sepak bola bebedahan desa pasangrahan kecamatan cilawu kabupaten garut, Kabag Ops  polres garut polda jabar komisaris polisi iwan setiawan S.H, menghadiri kegiatan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik oleh unit layanan transmisi dan gardu induk kabupaten garut.

Kepala bagian operasi polres garut  kompol iwan setiawan, S.H, didampingi kasat samapta AKP Yudiono, S. Sos, M.M, Kapolsek Cilawu Kompol Tommy, Danramil Cilawu, K3I UID Jawa Barat sdr. Subroto, manager unit pelaksana transmisi cirebon sdr. Susilo, manager UP3 garut sdr. Lucki, kepala unit layanan transmisi dan gardu induk garut  beserta jajaran dan komunitas layangan.

Dalam kesempatan tersebut Kompol Iwan Setiawan S.H, selaku Kabag Ops, menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya diantaranya ucapan puji dan syukur kehadirat allah swt bisa bersilaturahmi, duduk bersamauntuk  mengamankan sekaligus menjaga saluran udara tegangan ekstra tinggi ( SUTET ), yang pada dasarnya Polres Garut sangat mendukung Garut tetap “terang”, kemudian kami berharap jangan sampai ada ganggung saluran SUTET di wilayah Kabupaten Garut,  Sehingga garut tetap terang serta tidak ada korban jiwa akibat layang layang atau benang, saat ini situasi kabupaten garut masih masuk dalam PPKM level 3, dan untuk wilayah cilawu masih sangat tinggi dalam pencapaian vaksin pada saat ini, selain itu dalam pelaksanaan  tugas agar di lakukan secara preventif dan preemtif, pada masa pandemi ini kepolisian resor garut akan terus berupaya untuk menjaga protokol kesehatan dalam hal ini, polres garut dan satgas covid punya hak secara undang undang yang berlaku untuk membubarkan kegiatan.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan beberapa manfaat listrik diantaranya memudahkan masyrakat dalam kehidupan sehari hari, meningkatkan kesejahteraan dan mempelancar bidang ekonomi dalam sektor apapun.

Sedangkan fakta-fakta obyektif yang ditemukan di lapangan, menjadi faktor penyebab  terjadinya listrik padam, diantaranya adanya benang kawat yang terlilit di jalur kabel listrik, situasi kelembaban tinggi, plastik mulsa dan alat berat lain yang mempengaruhinya.

Setidaknya ada sebanyak 14 ( Empat Belas ) kecamatan yang termasuk zona merah yang sering ditemuinya adanya factor penyebab listrik terganggu yaitu Kecamatan Cilawu, Samarang, Cikelet, Garut Kota, Pasirwangi, Karangpawitan, Pamulihan, Winaraja, Malangbong, Bayongbong, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Pamengpeuk, Pakenjeng, namun saat ini sudah dikendalikan oleh komunitas layangan dimana ada persyaratan khusus untuk bermain layang – layang.

Selain  sosialisasi manfaat dan bahaya listrik serta edukasi bahayanya bermain layang – layang, pada kesempatan tersebut dilakukan pemberian vaksin kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi, (swng/sf).

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *